Baca Juga
1.PENDAHULUAN
Keberadaan pendidikan
tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan manusia, karena pada hakekatnya manusia
memiliki harkat dan martabat sebagai kholifah dimuka bumi. Hal ini menunjukan
masalah yang sangat mendasar dan sangat menentukan bagi kehidupan suatu bangsa, sehingga wajar jika terdapat diantara para pakar
pendidikan mengatakan bahwa, pembangunan yang sangat mendasar bagi suatu bangsa
adalah melalui investasi dibidang pendidikan.
Bangsa Indonesia saat
ini walaupun dalam keadaan krisis, baik ekonomi maupun krisis kepercayaan,
tetapi tetap konsisten melaksanakan pembangunan diberbagai bidang, selain
pembangunan fisik matrial terutama perbaikan ekonomi, politik, serta
pembangunan di bidang mental sepiritual guna mewujudkan masyarakat yang maju,
adil, dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-undang dasar 1945.
Konstribusi pendidikan
dalam era pembangunan semakin jelas manfaatnya, terutama dalam kaitannya dengan
upaya peningkatan kuwalitas sumber daya manusia (dalam pembangunan suatu bangsa
) karena pendidikan Nasional yang sedang dilaksanakan bertujuan dalam rangka
usaha dalam membentuk manusia Indonesia seutuhnya ( lahir dan batin )
sebagaimana tertuang dalam Undang-undang Sisdiknas Nomor: 20 Tahun 2003
tentang, Sistim Pendidikan Nasional ditegaskan bahwa, Pendidikan Nasional
berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945, bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, harkat dan martabat bangsa serta
mewujudkan masyarakat yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berkualitas,
mandiri, berbudi luhur, tangguh, cerdas, terampil, kreatif, mandiri,
ber-etoskerja, profesional, produktif, sehat, berilmu dan menjadi warga negara
yang demokratis serta bertanggung jawab. Pendidikan Nasional juga harus mampu
menumbuhkan dan memperdalam rasa cinta tanah air, mempertebal semangat kebangsaan
dan rasa kepekaan sosial.
Untuk membantu Pemerintah dalam hal pembangunan
dibidang pendidikan. Lembaga Sosial “BUSTANUL HIKMAH”, secara bertahap sesuai dengan kemampuan yang
dimiliki berkiprah membantu pemerintah dalam rangka membangun manusia Indonesia
seutuhnya, melalui jalur pendidikan untuk mewujudkan generasi penerus Bangsa
yang memiliki :
1. Mental yang Religius dan berpancasilais.
2. Bertanggungjawab atas pembangunan Bangsa.
3. Mampu mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa
dalam memperkokoh persatuan Nasional.
4. Mampu serta sanggup berpikir dan berbuat
secara rasional, efesien dan produktif untuk kepentingan masyarakat bangsa dan
Negara Indonesia.
5. Mampu serta sanggup membina dan mengembangkan
ilmu pengetahuan dan tekhnologi sesuai dengan bidang ke-ilmuannya.
Disadari bahwa untuk mewujudkan cita-cita
tersebut memerlukan biaya, tenaga, waktu dan pemikiran serta dukungan yang
besar dari berbagai pihak, terutama pemerintah baik pusat maupun pemerintah
daerah dan masyarakat yang perduli terhadap pendidikan, agar segera dapat
terwujud pembangunan sarana/ pra-sarana pendidikan di Lembaga sosial Bustanul
Hikmah Desa Sukorejo dalam waktu yang tidak terlalu lama, yang kini sedang
/akan membangun sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang ada.
2. TUJUAN PEMBANGUNAN.
1. Memenuhi kebutuhan sarana belajar yang
makin hari makin banyak menyesuaikan kebutuhan perkembangan jaman.
2. Membangun dan mempersiapkan tambahan
ruang kelas dan asrama baru, demi memenuhi kebutuhan santri dalam belajar
dan bertempat tinggal.
3. Menumbuhkembangkan
kepedulian manusia terhadap sarana pendidikan dalam rangka syi’ar kepedulian
dan kepekaan terhadap permasalahan sosial .
4. Mencetak generasi
Berilmu, Beramal, Untuk kelestarian Alam dan Lingkungan sesuai dengan tuntutan
perkembangan zaman.
3.
SEJARAH SINGKAT LEMBAGA SOSIAL BUSTANUL HIKMAH
Lemabaga sosial Bustanul
Hikmah merupakan lembaga yang bermula dari Tpq/ Taman Pendidikan Al-quran Bustanul
Hikmah yang berada diwilayah Desa Sukorejo pada Tahun 2009. Dari Tpq itulah
guna meningkatkan kualitas mutu pendidikan berkembang dengan memanfaatkan
fasilitas eks Polindes milik Pemerintah Desa guna pendirian Perpustakaan Taman
Ilmu Masyarakat pada Tahun 2011.
Adapun jumlah murid Tpq Bustanul Hikmah saat ini, total keseluruhan
sekitar 120 anak yang terdiri dari masyarakat sekitar Desa Sukorejo. Dan untuk
proses belajar mengajar dimulai pagi hari dan sore hari.
Dan
pada tahun 2014, Lembaga Sosial Bustanul Hikmah mendirikan sekolah Paud/
Pendidikan Anak Usia dini guna memfasilitasi
anak-anak yang dimana orang tuanya kebanyakan kurang mampu, untuk
menyekolahkan anaknya ke sekolah Paud. Pendirian Paud ini sendiri diharapakan
agar hak pendidikan anak usia dini bisa terpenuhi.
Untuk saat ini total keseluruhan murid Paud terdiri dari 16 anak orang
kos dan 1 anak dari desa dapurno dan 23 anak adalah warga yang berdomisili di
Desa Sukorejo. Untuk proses belajar mengajar, seminggu masuk tiga kali dan
total guru pengajar terdiri dari tiga orang.
Segala bentuk pendidikan yang ada di lembaga sosial Bustanul Hikmah
semuanya bersifat gratis, baik untuk TPQ, PERPUSTAKAAN dan PAUD. Adapun sumber
anggaran biaya operasional keseluruhan aktifitas yang ada berasal dari donatur
dan simpatisan yang peduli pada dunia pendidikan.
RAB RENOV
|
||||||
no
|
jenis pekerjaan
|
luas m2
|
harga satuan m2
|
total
|
||
I
|
Pekerjaan tanah
|
|||||
1
|
Pondasi Bor strouss Æ 30
cm, h = 1,5 m
|
13
|
m1
|
48,000
|
624,000.00
|
|
2
|
Urugan tanah kembali
|
24
|
m2
|
6,000
|
144,000.00
|
|
3
|
Peninggian elevasi lantai (40 cm) + pemadatan
|
24
|
m2
|
95,000
|
2,280,000.00
|
|
II
|
Pekerjaan beton
|
|||||
1
|
Pondasi footplat ; PF-01 60x60x20
|
3
|
m1
|
105,000
|
315,000.00
|
|
2
|
Pondasi footplat ; PF-01 80x60x20
|
10
|
m1
|
132,000
|
1,320,000.00
|
|
3
|
Kolom Praktis 15/15
|
88.5
|
m1
|
75,000
|
6,637,500.00
|
|
4
|
Kolom 15/20
|
38.5
|
m1
|
90,000
|
3,465,000.00
|
|
5
|
Balok gantung 15/20
|
84
|
m1
|
90,000
|
7,560,000.00
|
|
6
|
Ring Balok
|
52
|
m1
|
90,000
|
4,680,000.00
|
|
7
|
Plat beton dak
|
283.5
|
m2
|
150,000
|
42,525,000.00
|
|
8
|
Pekerjaan tangga
|
198
|
m2
|
150,000
|
29,700,000.00
|
|
III
|
Pekerjaan pasangan
|
|||||
1
|
Pasangan 1/2 bata 1:6
|
418
|
m2
|
55,000
|
22,990,000.00
|
|
2
|
Plester + aci
|
836
|
m2
|
25,000
|
20,900,000.00
|
|
3
|
Bata rollag
|
19
|
m2
|
22,000
|
418,000.00
|
|
IV
|
Pekerjaan penutup lantai
|
|||||
1
|
Pas. Keramik lantai ruangan 40x40 ex. Platinum
|
174
|
m2
|
110,000
|
19,140,000.00
|
|
V
|
Pekerjaan Plafon dan
pergola
|
|||||
1
|
Plafon Gypsumboard 9mm + rangka hollow 2x4
|
270
|
m2
|
70,000
|
18,900,000.00
|
|
2
|
Pas. List gypsum / cornice
|
149.5
|
m1
|
12,000
|
1,794,000.00
|
|
3
|
Pergola
|
30
|
m2
|
175,000
|
5,250,000.00
|
|
VI
|
Pekerjaan pengecatan
|
|||||
1
|
Cat dinding interior
|
710.5
|
m2
|
15,000
|
10,657,500.00
|
|
2
|
Cat dinding interior
|
512
|
m2
|
18,000
|
9,216,000.00
|
|
VII
|
Pekerjaan pintu, jendela
instalasi air dan listrik
|
|||||
1
|
Jendela
|
6
|
m1
|
300,000
|
1,800,000.00
|
|
2
|
Pintu
|
2
|
m1
|
650,000
|
1,300,000.00
|
|
3
|
intalasi listrik
|
1,500,000.00
|
||||
4
|
pemipaan air dan sanitasi
|
5,000,000.00
|
||||
TOTAL
|
218,116,000.00
|
|||||




0 Komentar