PERESMIAN PERPUSTAKAAN SUKOREJO BUDURAN SIDOARJO

0 kali

Baca Juga

       Pada hari minggu tgl 17 juni 2012 perpustakaan TAMAN ILMU MASYARAKAT yang berada di desa sukorejo buduran sidoarjo telah diresmikan langsung oleh bapak sutjipto kepala kantor perpustakaan dan arsip kabupaten sidoarjo.Adapun format peresmian acara sebagai berikut:
Sebagai pengisi waktu luang sebelum acara dimulai kita berikan semacam tulisan sederhana yang menceritakan soal perjalanan perpustakaan. Tulisan itu bisa di baca di bawah ini


PERPUSTAKAAN
TAMAN ILMU MASYARAKAT


BERAWAL DARI SEBUAH RUMAH HANTU

Barangkali     sudah bosan hidup bertetangga dengan keangkeran dan hewan malam, atau rasa frustasi seorang M. Fauzi yang selama ini berharap dapat masuk sebuah program televisi swasta. Ya, DUNIA LAIN sebuah Acara yang sangat populer di masyarakat sekarang ini. Betapa tidak, selama 2 tahun dia selalu berteman hanya dengan suara-suara binatang malam, jangankan tengah malam, selepas matahari terbenam saja suasana seram sudah terasa di bangunan sebelah Rumahnya. Sebuah bekas bangunan POLINDES yang sudah tidak digunakan lagi.

Foto lama ( kiri )sebelum di bersihkan dan renovasi

Polindes yang dulu selalu dikunjungi masyarakat Sukorejo untuk memeriksakan kesehatan ataupun |berobat, sudah tidak berpenghuni lagi, Bangunannya sudah usang dimakan usia, tembok dan cat yang sudah mengelupas disana-sini, hanya menjadi tempat hidup bagi koloni laba-laba, tikus,bahkan mungkin hanya para jin dan dedemit saja yang mau tinggal disitu.

M. FAUZI YANG GILA

Beberapa teman-temannya menganggap dia seperti Orang Gila, betapa tidak dia yang hanya sesosok penjual jamu keliling, berpikir untuk mencoba membuat lingkungannya kedepan menjadi terarah dan lebih baik, merubah sebuah RUMAH HANTU menjadi sebuah tempat yang bermanfaat bagi masyarakat, terutama generasi muda dan anak-anak. Dia merupakan salah satu sosok pelopor pendiri perpustakaan yang berada di desa sukorejo buduran sidoarjo. Diawali dengan omong – omongnya bersama seorang teman yang dia anggap juga peduli dengan sosial kemasyarakatan, dia tidak mau berfikir panjang, dia terperanjat untuk dapat menggunakan bangunan tersebut menjadi sebuah perpustaakaan dan sarana belajar bagi sesama guna menyongsong hidup kebersamaan dan masa depan lingkungan yang lebih baik dan terarah. dengan omong omong kecil dengan kepala Desa sukorejo.

M. Fauzi - Bukan hanya seorang penjual jamu, tapi juga seorang Petani tulen

 M.FAUZI menyampaikan gagasannya untuk menggunakan bangunan tersebut sebagai perpustakaan, Gayungpun bersambut, dan bapak kepala desa pun mengiyakannya idenya itu. maka baim langsung membersihkan bangunan tersebut dari berbagai macam kotoran dan debu yang bersemayam di tempat tersebut.

BUKU ROMBENG DAN BEBERAPA LEMBAR KITAB

Berawal dari beberapa buah buku yang dia beli dari tukang loak dan kitab bekas dia nyantri dulu M.fAUZI kemudian menatanya didalam salah satu ruangan menjadi 3 susun. lalu dia mengajak anak-anak Sekolah Dasar kelas VI untuk masuk kedalam perpustakaaan tersebut. Dengan keyakinannya dia sampaikan kepada anak-anak itu pasti ada orang lain yang mau bersama-sama didalam cita-cita mulianya.mereka ingin agar anak-anak kelas VI yang akan menghadapi ujian akhir sekolah, yang sebagian kurang beruntung itu dapat mendapatkan bimbingan belajar gratis untuk meningkatkan kemampuan mereka menghadapi ujian akhir sekolah.
Beberapa buku usang dan kitab koleksi bekas nyantri


DUNIA TAK SELEBAR DAUN KELOR

Siapa yang menyangka, kebiasaan seorang  M.Fauzi bermain di dunia maya ternyata membawa hikmah tersendiri, dari perkenalannya dengan teman-temannya dari dunia maya ternyata membuat beberapa orang simpati dan memberikan donasi karena peduli dengan apa yang sedang dia kerjakan.Dia  lalu  memanfaatkan uang amanat tersebut untuk membeli alat-alat listrik dan cat untuk sedikit merubah wajah dan isi perpustakaan itu agar menjadi lebih baik. Bukan hanya dana yang dia dapat, dua orang temannya RYANTO, mantan Koordinator Lembaga Keswadayaah Masyarakat Sukorejo Guyub Makaryo dan Nikmah Chomsari Seorang Fasilitator Di PNPM MANDIRI bahkan rela meluangkan waktu mereka untuk memberikan Bimbingan belajar mata pelajaran sekolah yang di ujikan dalam ujian akhir sekolah semuanya secara GRATIS, bahkan tak jarang mereka justru memberikan konsumsi dan hadiah kepada anak-anak yang ikut Bimbingan tersebut.
 gambar anak2 les
Riyanto – salah satu Relawan (kiri) ,  Nikmah chomsari sedang memberikan Bimbingan Belajar GRATIS


ALAM TUJUAN UTAMA

PERPUSTAKAAN yang sekarang dikelola bersama anak-anak sekolah dasar itu tidak hanya berkutat pada dunia pendidikan dan buku saja, tetapi banyak juga kegiatan didalamnya seperti program menanam di ikuti oleh beberapa masyarakat, sebagian bapak-bapak dan khususnya anak anak. dalam kegiatan menanam tersebut mereka menanam  bibit pinang dan jeruk nipis untuk ditanam disepanjang jalan depan perpustakaan. Mereka berpikir kepandaian dalam ilmu dan pendidikan serta keberhasilan dalam materi tidak aka nada gunanya bila tidak peduli dengan alam.

Anak-anak kita menanam bibit pohon jeruk dan Pinang

Bahkan mereka sedang berangan – angan menciptakan sebuah kegiatan yang langsung bersentuhan dengan alam (OUTBOND). Mereka ingin nanti perpustakaan itu mampu memberikan ketrampilan khusus kepada masyarakat bukan hanya masyarakat sekitar perpustakaan atau yang hanya didesa |Sukorejo saja, tetapi masarakat luas tentang cara mengolah jamu tradisional, mulai dari menanam tanaman toga, membuat jamu, sampai dengan memahami menggali manfaat yang dikandung oleh berbagai jamu dilakukan langsung dari pohon dan diolah ditempat itu. Juga mereka berkeinginan agar orang-orang yang sekarang berada dan belajar di perpustakaan ini pada akhirnya menjadi Relawan-relawan yang siap bebagi ilmu dan beramal demi masyarakt dan juga kelestarian alam. Semoga cita-cita mulia anak-anak kita ini bisa terwujud, amin.











                                                                                       Sukorejo, 17 Juni 2012
                                                                                    Panitia Pelaksana






Ucapan terima kasih

1.      Kepala Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo
2.      Camat Buduran – Sidoarjo
3.      Kepala Desa Sukorejo – Buduran
4.      Fasilitator kelurahan dan SF PNPM Mandiri  kec. Buduran
5.      Anggota Lembaga Keswadayaan Masyarakat Sukorejo Guyub Makaryo
6.      Seluruh Relawan yang tergabung dalam Komiunitas Belajar Kelurahan Mandiri,Desa Sukorejo
7.      Seluruh pihak yang tidak dapat kami sebutka satu – persatu, yang telah bersama sama berjuang melaksanakan kegiatan mulia ini

Berikut adalah susunan acaranya :


       1.pra acarara
       2.pembukaan acara
       3.sambutan dari panitia peresmian perpustakaan TAMAN ILMU MASYARAKAT
       4.sambutan dari bapak kepala desa sukorejo
       5.sambutan dari kecamatan buduran sidoarjo
       6.sambutan dari kepala kantor perpustakan dan arsip kabupaten sidoarjo
       7.pemotongan pita
       8.penandatanganan piagam peresmian
       9.pelepesan balon
      10.penutup yang ditandai dengan minum jamu bersama.

Itulah susunan acaranya,dan sekarang saya akan terangkan beberapa rincian acara peresmian tersebut.


1.PRA ACARA.sebelum memulai ke format acara maka ada acara sebelum acara resmi di mulai yaitu pra acara.dalam pra acara ini di suguhkan beberapa seni tari dan ngedens yang bertujuan mengenalkan seni tari daerah dan kreatifitas anak agar lebih semangat lagi.dan juga untuk menunggu pengunjung yang belum berdatangan.inilah anak anak kita.



























lalu setelah anak anak tampil dengan sangat enerjiknya.acara pun di mulai.dan inilah pembawa acara kita    














3.sambutan panitia peresmian,yang diwakili olehsaudara antoni prasetyo.dalam pidatonya yang sangat menggebu menunjukkan betapa semangatnya dia dalam perkembangan perpustakaan ini.dan inilah orangnya.







4.sambutan bapak kepala desa kita sukorejo buduran sidoarjo.beliau sangat mendukung perpustakaanini dengan sepenuhnya.maaf saya kelupaanmengabadikan beliau diatas podium.dan inilah beliau.yang ada ditengah.


5.lalu dilanjutkan dengan sambutan dari kec buduran sidoarjo yang diwakili oleh bapak djunaedi.inilah beliau.


6.lalu dilanjutkan dengan sambutan dari bapak kepalakantor perpustakaan dan arsip kabupaten sidoarjo,yaitu bapak sutjipto.inilah beliau



setelah beliau selesei lalu acara ke
7.yaitu pemotongan pita,sebagai simbol bahwa perpustakaan telah siap dibuka untuk seluruh umat manusia.





8.setelah itu dilanjutkan dengan penorehan atau penandatanganan prasati tertulis,sebagai simbol bahwa perpustakaan kita telah diresmikan oleh kepala kantor perpustakaan dan arsip kabupaten sidoarjo.dan dibawah inilah buktinya.






9.setelah itu beliau keluar dan di lanjut dengan acara pelepasan balon,tp maaf kami terlewat untuk dokumen,tp kami masih ada balon yang di bawa relawan kita.inilah balonnya yang bertuliskan PERPUSTAKAAAN TAMAN ILMU MASYARAKAT.
10.acara ditutup dengan ditandai minum jamu bersama.maaf juga yeah atas kekurangan kami,karena kami juga tak sempat mengabadikannya.

DEMIKIANLAH SEMUA ACARA YANG BERJALAN DENGAN BAIK,SESUAI DENGAN APA YANG KITA INGINKAN BERSAMA.SEMOGA PERPUSTAKAAN INI KEDEPAN MENJADI BERMANFAAT UNTUK ALAM DAN SESAMA.


.

Posting Komentar

0 Komentar

banner